Jumat, 22 Mei 2015

ERGONOMI DESAIN INTERIOR

      

          Ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Sasaran penelitian ergonomi ialah manusia pada saat bekerja dalam lingkungan antara lain berupa menyesuaikan ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh agar tidak melelahkan, pengaturan suhu, cahaya dan kelembaban bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

Antropometri dan Ergonomi merupakan dua hal yang tidak terpisahkan dalam dunia arsitektur maupun interior karena merupakan pedoman perancangan berat maupun ringan. dalam perancangan interior, antropometri dan ergonomi berperan penting dalam memberikan data data dan informasi sebagai pertimbangan atau acuanmengenai jangkauan dan interaksi (perancangan area kerja dan ruangan)  

          Tujuan utama penggunaan antropometri dan ergonomi adalah untuk mengurangi tingkat kelelahan bekerja sehingga diharpkan akan meningkatkan performa dan efektifitas kerja










Manfaat ergonomi yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :
 1. Menurunnya angka kesakitan akibat kerja.
 2. Menurunnya kecelakaan kerja.
 3. Biaya pengobatan dan kompensasi berkurang.
 4. Stress akibat kerja berkurang.
 5. Produktivitas membaik.
 6. Alur kerja bertambah baik.
 7. Rasa aman karena bebas dari gangguan cedera.
 8. Kepuasan kerja meningkat

Ergonomi secara umum dibagi menjadi dua cabang ilmu penting yakni, ergonomi mikro dan ergonomi makro.Perbedaannya adalah sebagai berikut :

1. Ergonomi Mikro, merupakan keilmuan ergonomi yang kita kenal banyak sekarang. Jika anda pernah memelajari ergonomi dan mendengar istilah-istilah seperti fisiologi kerja, biomekanika kerja, lingkungan fisik, antropometri, persentil, waktu baku dan lain-lain, hal-hal tersebut merupakan keilmuan dalam lingkup ergonomi mikro. Secara umum, ergonomi mikro merupakan keilmuan ergonomi dalam lingkup mikro yakni lingkup stasiun kerja (work station).

2. Ergonomi Makro, merupakan keilmuan yang jauh lebih luas. Keilmuan ergonomi makro mencakup organisasi, perusahaan, masyarakat luas atau bahkan negara.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar